Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Untuk Domain TLD
Secure Socket Layer Blogger
SSL/HTTPS merupakan salah satu fitur terbaru dar Blogger yang dikhususkan untuk blog yang berdomain TLD ( Top Level Domain ), namun sebelumnya blogger juga telah menyediakan fitur HTTPS untuk blog dengan subdomain blogspot pada blogger. Tapi, nyatanya banyak dari kalangan blogger yang tidak mengaktifkan fitur SSL/HTTPS pada blognya. Sebenarnya, kalau dilihat dari segi kegunaannya, ssl ataupun https sangat berdampak bagus untuk blog, salah satunya adalah bisa meningkatkan kualitas SEO pada blog tersebut. Manfaat lainnya dari SSL tersebut adalah bisa mendapatkan kepercayaan dari berbagai kalangan pengiklan untuk berani memasang iklan pada blog kita dan lain sebagainya.

Cara mengaktifkan SSL/HTTPS sebenarnya sangat mudah karena fitur tersebut sudah disediakan oleh Blogger, beda lagi kalau memakai SSL dari pihak ketiga karena kita harus mensetting Sertifikat SSL nya dulu kemudian baru kita custom kan pada blog kita. Itupun hanya berfungsi untuk blog Self Host seperti Wordpress dan lain sebagainya. Namun, untuk blogger juga bisa menggunakan fitur SSL tersebut dari pihak ketiga, seperti pada Cloudflare, namun dampaknya tidak begitu bagus terhadap blog kita, karena terkadang https yang kita pasang dari cloudflare menjadi Error dan tidak bisa diakses di beberapa Browser bahkan negara tertentu.

#Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Terbaru Dari Blogger Untuk Domain TLD


Beda lagi dengan fitur bawaan dari Blogger, karena memang blogger merupakan platform terpercaya dan paling banyak digunakan diseluruh dunia dan pastinya sangat Responsive untuk digunakan. Sebenarnya fitur SSL untuk domain TLD ini belum di umumkan secara resmi di blogger.googleblog.com , tapi sejak munculnya fitur ini banyak blogger yang langsung memanfaatkannya dan memasang diblog mereka termasuk saya sendiri.


Nah, bagi yang belum mengerti cara mengaktifkan SSL/HTTPS untuk domain TLD diblogger berikut langkah-langkahnya. Silahkan simak dan langsung dipraktekkan.

Pertama, silahkan login dulu kedashboard Blogger anda.
Kemudian, silahkan masuk ke draft.blogger.com
Nah, selanjutnya sobat akan diredirect ke dasboard blogger , namun dengan url draft blogger.
Kemudian, langsung saja anda pilih menu Setelan dan pilih Setelan Dasar
Pada Menu disebelah kanan, silahkan anda lihat pada Ketersediaan HTTPS, ubah dari Tidak menjadi Ya. Lihat gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Selanjutnya, tunggu Proses nya untuk mengaktifkan SSL tadi, jangan direload dan tunggu saja antara 1 s.d 2 menit. Lihat Gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Nah, setelah menunggu sekitar 1 menit, nantinya fitur dari Pengalihan HTTPS yang dibawahnya akan hidup dan langsung saja anda ubah dari Tidak menjadi Ya. Lihat gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Sampai disitu, berati fitur SSL/HTTPS diblog anda sudah jalan dan silahkan anda reload kemudian Pilih lihat Blog di pojok kiri atas.
Selesai.

Nah, untuk cara mengaktifkan SSL/HTTPS untuk domain TLD diblogger sudah selesai. Selanjutnya apa yang harus anda lakukan ? Ya, anda harus mensubmit ulang URL blog anda yang sudah berganti dari http ke https ke Google Webmaster ataupun Search Console agar url blog sobat bisa langsung dirayapi oleh Mesin pencari Google.


Setelah anda mensubmit ulang linknya, sobat juga perlu mensubmit ulang sitemap ke Webmaster anda dan sekalian anda Feacth As Google semua link artikel blog agar langsung dirayapi oleh bot google. Selanjutnya, anda juga bisa mengubah settingan Robot.txt di blogger dengan mengganti url blog anda dari http://www.bloganda.com ke https://www.bloganda.com dan selesai.

NB : Biasanya, setelah anda menambahkan fitur SSL/HTTPS ke blog anda, maka PageView nya akan turun dan biasanya juga akan membutuhkan waktu 3 sampai dengan 1 minggu agar normal kembali karena harus dirayapi terlebih dahulu semua URL nya.

Jangan takut, karena jika anda telah menambahkan fitur tersebut dan langsung mensubmit ulang serta langsung mensubmit Sitemap dan Fetch As Google di Webmaster, maka proses indek nya juga sangat cepat dan PV nya dengan cepat akan normal kembali.

Hanya sekian artikel untuk kali ini semoga bisa membantu anda semuanya dalam mengelola sebuah blog dan bisa bermanfaat serta bisa menambahkan wawasan kita semuanya. Jangan lupa untuk kembali berkunjung ke XDTPD Blogs karena akan ada banyak artikel menarik lainnya yang sangat lengkap untuk dipraktekkan. Terimakasih 😉

Comments

Popular posts from this blog

16 Model Gelang Emas Lagi Trend 2018

Inilah Bisnis Yang Bisa dilakukan Oleh Siapapun dan Dimanapun

Model Perhiasan Cincin Emas Putih Terbaru