Mengenal Apa Itu Credit Card dan Jenis-Jenis Credit Card ?

Credit Card, CC, Best Credit Card, Mastercard
Credit Card
Apa itu Credit Card - Sudah tau belum apa yang dimaksud dengan credit card tersebut. Creadit Card ataupun Kartu Kredit adalah salah satu alat pembayaran pengganti uang tunai yang lebih memudahkan para konsumen untuk membayar suatu tagihan. Namun, pembayaran menggunakan Credit Card ini tidak diterima disemua tempat, hanya tempat tertentu saja yang sudah mendukung fasilitas kartu kredit ini yang bisa kita pakai sebagai alat pembayaran. Biasanya, credit card itu dipakai untuk transaksi online seperti membeli produk secara online dan sebagainya. Tapi, ada juga tempat offline yang memungkinkan para konsumen untuk membayar dengan CC ini, contohnya seperti tempat Cafe, Mall dan lain sebagainya.

Kartu Kredit juga bisa kita artikan sebagai salah satu fasilitas perbankan yang dapat memudahkan transaksi para nasabahnya. Penggunaannya juga sangat mudah, kita hanya perlu menggesek credit card tersebut dan membanyarnya saat tagihannya tiba.

Baca Juga : Pengerian Branding, Rebranding serta Brand Consultan

Syarat mengajukan kartu kredit biasanya adalah Fotocopy KTP, Slip Gaji, serta foto dan keterangan lainnya yang dianggap penting. Namun, ada baiknya juga sebelum anda mengajukan untuk membuat kartu kredit di perbankan, anda juga harus memahami dulu apa itu credit card, ciri-ciri kredit card serta jenis-jenis kartu kredit tersebut.

#Jenis-Jenis Credit Card


Nah, sama halnya juga dengan kartu lainnya seperti kartu ATM kartu kredit juga terdapat beragam jenisnya, baik itu berdasakan fungsi maupun berdasarkan negaranya.  Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa jenis credit card dibawah ini dengan sesama.

1. Credit Card


Credit Card adalah jenis kartu kredit yang dapat digunakan sebagai salah satu alat pembayaran suatu transaksi ataupun jual beli barang maupun jasa dimana nantinya pembayarannya dapat dilakukan sekaligus ataupun dengan cara mencicil dengan jumlah tertentu. Jumlah cicilan tersebut nantinya akan dihitung dari saldo tagihan serta ditambah dengan bunga bulanannya. Nah, tagihan pada bulan lalu juga akan dianggap sebagai bunga ataupun retails interest yang merupakan pokok pinjaman pada bulan berikutnya.

2. Change Card


Change Card merupakan kartu kredit yang juga digunakan untuk membayar suatu transaksi jual beli barang maupun jasa, dimana para nasabah harus membayar kembali tagihannya secara penuh pada akhir bulan ataupun pada bulan berikutnya, baik itu dengan biaya tambahan maupun tanpa biaya tambahan.

3. Debit Card


Debit Card adalah kartu kredit yang berbeda dari kedua jenis kartu kredit diatas. Pembayaran menggunakan Debit Card prinsipnya adalah secara tunai (cash ), namun bukan dengan uang tunai melainkan pembayarannya dilakukan secara mendebit langsung saldo yang terdapat pada rekening dari pemilik kartu tersebut. 

4. Cash Card


Card Card adalah kartu yang memungkinkan pemilik kartu tesebut dapat menarik uang tunai langsung, baik pada kasir maupun pada mesin ATM bank tertentu yang terdapat disemua daerah dengan lokasi yang strategis. Misalkan ditempat keramaian seperti pusat koda, mall, caffe, Rumah Sakit dan tempat lainnya yang tidak sepi. Namun, saat ini di Indonesia sendiri untuk kartu jenis Cash Card semua bank sudah bekerja sama, yang artinya kita juga bisa mengambil uang disemua mesin ATM bank dengan cash card yang berbeda dengan bank tersebut. Tapi, biaya admin mungkin agak sedikit besar dan berbeda dibandingkan dengan menarik uang dengan cash card pada mesin ATM bank yang sama.


5. Check Guarante Card


Jenis kartu kredit ini pada dasarnya mempunyai prinsip sebagai suatu jaminan dalam penarikan ceks oleh pemilik kartu tersebut. Jenis credit card ini sangat populer di Inggris dan diwilayah Eropa lainnya. Selain sebagai jaminan, kartu ini juga bisa digunakan sebagai kartu untuk menarik uang di mesin ATM ataupun hampir sama dengan Cash Card.

Nah, diatas adalah jenis-jenis kartu kredit berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Namun, selain jenis kartu kredit tersebut ada juga jenis kartu kredit berdasarkan wilayah yang kegunaannya juga hampir sama. Berkiut adalah jenisjenis credit card berdasarkan wilayahnya.

1. Kartu Kredit Nasional ( National Credit Card )


Kartu kredit nasional adalah jenis kartu yang hanya dapat digunakan dan berlaku diwilayah tertentu saja. Misalkan di Indonesia, kartu jenis ini hanya bisa dipakai diwilayah indonesia dan tidak berlaku untuk negara lainnya kecuali memiliki MasterCard. Contoh dari kartu kredit nasional adalah Astra Card, Hero, Golden Truly, dan Garuda Executive Card.


2. Kartu Kredit Internasional ( International Credit Card )


Credid Card jenis ini bisa digunakan dan berlaku disemua tempat didunia ini. Kartu ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai disemua pasar internasional yang sudah mendukung pembayaran jenis ini. Credit Card jenis ini umumnya didominasi oleh dua merek yaitu Visa dan MasterCard. Dari kedua dominasi kartu kredit tersebut sampai saat ini sudah memiliki lebih dari 200 juta konsumen yang tersebar disemua wilayah diseluruh dunia. Berikut adalah jenis jenis kartu kredit internasional yang bisa digunakan sebagai alat transaksi diseluruh dunia :
  • Visa
  • Master Card
  • Dinner Club
  • Carte Blanc
  • American Express
Itulah beberapa jenis kartu kredit internasional yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran dan berlaku disemua negara. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambahkan wawasan kita semuanya dalam mengenal Credit Card beserta jenis-jenisnya. Jika ada pertanyaan seputar kartu kredit, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini, serta jangan lupa untuk share artikel ini sebagai dukungan untuk terus mengupdate berbagai informasi bisnis di website ini. Terimakasih ! ☺

Comments

Popular posts from this blog

16 Model Gelang Emas Lagi Trend 2018

Inilah Bisnis Yang Bisa dilakukan Oleh Siapapun dan Dimanapun

Model Perhiasan Cincin Emas Putih Terbaru