Cara Memasang SSL Gratis di Blogger

Cara Memasang SSL Gratis di Blogger
Cloudfare SSL
XDTPD Blogs | Hallo sahabat blogger, kali ini kita akan memabahas tetang cara penggunaan SSL gratis diblogger. Sebelum kita bahas cara memasang ssl gratis diblogger, ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu SSL dan fungsinya. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yaitu layanan ataupun cara suatu situs website ataupun blog membuat sambungan aman terhadap browser pengguna.Setiap kali pengujung mengunjungi situs aman yang telah diproteksi oleh SSL, maka akan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser dan web server. Jadi intinya adalah, SSL yaitu standar komunikasi web aman yang digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online yang terjadi setiap harinya.

Jadi sekarang bagaimana cara mengaktifkan SSL di blogger untuk blog kita ?

Bagi yang masih menggunakan url dengan subdomain blogspot, kalian gak usah khawatir karena blogger pun sekarang sudah menyediakan layan ssl gratis untuk semua para pengguna blogger. Untuk mengaktifkannya pun sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, silahkan masuk kedashboard blogger terlebih dahulu.
  • Kemudian, Klik menu Setelan dan pilih Dasar.
  • Selajutnya akan tampil Pengalihan HTTPS, silahkan ubah pengalihannya dari tidak menjadi ya agar blog sobat diproteksi oleh SSL.

Nah, langkah-langkah diatas hanya berlaku bagi yang masih menggunakan url dengan subdomain blogspot.com. Jika blog sobat sudah menggunakan domain TLD, maka menu pengalihan HTTPS tersbut sudah tidak aktif lagi alias tidak bisa kita setting. Jadi caranya bagaimana juga mas, tenang saja nanti akan kita bahas langkah-langkah nya. Terlebih dahulu saya ingin memberi sedikit penjelasan tentang SSL itu.

SSL biasanya dijual terpisah dari domain, biasanya juga SSL itu satu paket dengan Hosting. Saya rasa bagi yang sudah membuat blognya dengan menggunakan platform Wordpress self host pasti sudah tau cara memasang SSL nya, karena kita tinggal menginstallnya dari Cpanel hosting. Tapi, jika sobat hanya menggunakan platform blogger, yang kita butuhkan hanya sebuah domain, karena semuanya sudah dihost oleh blogger sendiri. Jadi kita tidak membutuhkan hosting bagi yang menggunakan blogger. 

Terus, tanpa hosting bagaimana juga mas untuk memasang SSL nya ?

Tenang saja, sebenarnya ada dua cara untuk bisa menggunakan ssl di blogger. Cara yang pertama adalah sobat beli domain sepaket dengan hosting yang mendukung SSL, kemudian silahkan setting DNS nya untuk blogger. Nah, hosting tersebut kita pakat untuk memasang SSL dan membuat subdomain saja, selebihnya tidak kita gunakan.


Tapi dengan demikian, hosting kita tidak kita gunakan dengan semestinya karena didalam hosting terdapat berbagai cpanel seperti database, ssh, webmail dan lain sebagainya. Itu bisa memboroskan biaya kita untuk membayar hosting setiap bulannya hanya untuk mengaktifkan ssl. Jadi, jika mau lebih hemat silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


#CARA MEMASANG SSL GRATIS DI BLOGGER


Nah, untuk mendapatkan ssl gratis untuk blogger mudah saja kok, kita hanya butuh bantuan pihak ketiga dan itu sangat mudah untuk dilakukan. Silahkan ikuti tutorialnya dengan teliti ya sobat.


Pertama, pastikan dulu sobat sudah memasang domain TLD di blognya. Domainnya bisa .com .net .tk .ml dan lainnya pokoknya bukan lagi menggunakan subdomain blogspot.com
Selanjutnya, silahkan sobat daftar terlebih dahulu di Cloudflare.com
Jika sobat sudah selesai mendaftar di cloudflare, maka selanjutnya silahkan sobat klik Add Website dan masukkan link blog sobat tadi tanpa http ya.

Klik Scan DNS Record dan tunggu sampai selesai.
Selanjutnya, silahkan sobat klik continue untuk ketahap berikutnya. Kemudian, pada tahap ketiga akan muncuk pilihan chose plane. Sobat pilih saja yang Free website dan klik continue.
Tahap berikutnya, silahkan sobat ganti Nameserver dari domain sobat menjadi nameserver dari cloudflare. Lihat gambar.

Cara Memasang SSL Gratis di Blogger
Nameserver dari domain diganti dengan nameserver cloudflare.
Nah, silahkan sobat gantikan nameserver domain sobat dengan nameserver yang diberi oleh cloudflare di dashboard domain sobat.

Jika nameservernya sudah sobat ganti di dashboard domainnya, selanjutnya silahkan klik continue di cloudflare untuk memverifikasi apakah nameservernya sudah di ubah. Dan jika telah dihost oleh cloudflare, maka domain yang sobat masukkan di cloudflare akan muncul notif AKTIF. Lihat gambar !

Cara Memasang SSL Gratis di Blogger
Sudah aktif
Selanjutnya, silahkan sobat klik menu Crypto diatas dan ubah SSLnya dari full menjadi Flexible.
Kemudian, klik lagi ke menu Page Rules untuk mengalihkan HTTP menjadi HTTPS dengan cara klik Create Page Rules dan masukkan domain sobat diawali dengan http dan diakhiri dengan /* contoh : (http://www.rizalvanstiencallnefelz.net/*). Kemudian klik Add setting dan pilih Always Use HTTPS dan klik Save and Deploy. Lihat gambar !

Cara Memasang SSL Gratis di Blogger
Pertanda SSL sudah aktif
Selesai.
Selanjutnya silahkan sobat buka url domain sobat dan lihat pasti sekarang HTTPS nya sudah aktif dan berwarna hijau dan bertanda gembok. Silahkan lihat punya saya di : https://www.rizalvanstiencallenfelz.net/

Nah, itu saja tutorial pasang ssl gratis diblogger semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semuanya. Jika ada pertanyaan dan kurang paham, silahkan sobat tanyakan pada kolom komentar. Oh iya, jangan lupa untuk berkunjung kembali karena blog ini akan selalu mengupdate berbagai artikel menarik tentang tutorial blogger lainnya setiap hari.

Comments

Popular posts from this blog

16 Model Gelang Emas Lagi Trend 2018

Inilah Bisnis Yang Bisa dilakukan Oleh Siapapun dan Dimanapun

Model Perhiasan Cincin Emas Putih Terbaru