Cara Artikel Tidak Bisa di Copy di Bagian Tertentu

Cara Artikel Tidak Bisa di Copy di Bagian Tertentu
Anti Copas

XDTPD Blogs | Hallo sahabat blogger, postingan kali ini kita akan membahas sedikit tentang bagian konten ataupun artikel yaitu cara agar artikel tidak bisa di copy kecuali dibagian tertentu. Mungkin bagi sebagian orang pasti sudah tau trik ini, namun saya rasa banyak juga blogger pemula seperti saya sendiri kurang paham dengan maksud dengan judul diatas.

Nah, mungkin sobat pernah menjumpai sebuah blog ataupun website yang membahas seputar tutorial. Namun, jika sobat ingin mengcopy artikel tersebut tidak bisa, karena blog tersebut sudah memasang script anti copas. Tapi, dibagian tertentu, seperti bagian codenya bisa kita copy seperti biasa. Jadi intinya adalah, ini juga merupakan cara buat anti copas diblog, namun dibagian tertentu artikel kita bisa juga di copas.

Seperti blog Arlina Design, pada artikel biasa kita tidak bisa mengcopy paste, namun dibagian penempatan kodenya bisa dengan mudah untuk di copy. Pengen tau caranya, simak saja langkah-langkah berikut.

Langkah pertama, silahkan sobat masuk ke Dashboard Bloggernya, kemudian pilih menu Template ataupun Theme dan klik Edit HTML.

Selanjutnya, Silahkan sobat cari kode ]]></b:skin> atau </style> dan masukkan kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin> atau </style> tersebut.

.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}


Kemudian sobat tinggal menambahkan kode dibawah ini tepat di blockquote agar script blogquote, ataupun lainnya bisa di copy.

.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}

Nah, dengan memasang kedua CSS diatas, maka artikel sobat kini sudah tidak bisa lagi untuk di copy paste, kecuali dibagian tertentu seperti kode Script di blockquote. Selanjutnya, sobat juga membuat anti copas lainnya diblog sobat dengan menggunakan Javascript. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti simak dengan sesama.

Langkah Pertama
Letakkan kode yang ada dibawah ini tepat diatas kode </body>

<script type="text/javascript"> function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!="undefined") //IE route
    target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!="undefined") //Firefox route
    target.style.MozUserSelect="none"
else //All other route (ie: Opera)
    target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = "default"
}
</script>

Langkah Berikutnya
Silahkan simpan template sobat dan taraaaa, kini blog sobat sudah tidak bisa lagi di copas, kecuali pembaca mempunyai trik tersendiri untuk mematikan javascriptnya.

Baca Juga : Cara Copas Artikel di Blog Yang Menggunakan Anti Copas

Nah, jika sobat telah mempraktekkan langkah-langkah yang sudah ada diatas, kini blog sobat sudah sudah terproteksi dari copaser ataupun duplicate content. Namun, bagaimanapun usaha kita untuk mengamankan artikel kita tetap ada berbagai cara untuk bisa di copas. Tapi, setidaknya kita telah berusaha semaksimal mungkin.

Itu saja, tutorial kali ini semoga bisa bermanfaat bagi semua sobat blogger dan bisa menjadi refrensi untuk kawan-kawan blogger lain yang belum membaca tutorial sederhana ini. Jangan lupa untuk berkunjung di lain waktu, karena blog ini akan selalu mengupdate berbagai artikel tentang tutorial blogger lainnya setiap hari.

Comments

Popular posts from this blog

16 Model Gelang Emas Lagi Trend 2018

Inilah Bisnis Yang Bisa dilakukan Oleh Siapapun dan Dimanapun

Model Perhiasan Cincin Emas Putih Terbaru