Pengertian Branding, Rebranding, Serta Brand Consultan
Apa sih pengertian Branding, Rebrending serta Brand Consultan ?
Sebalum kita membahas tentang apa itu branding, ada baiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana branding itu tercipta ataupun sejarah branding. Kata Branding itu berasal dari Brand dan kalau kita artikan kedalam bahasa indonesia andalah Merek.
Namun, kedua kata ataupun penggunaan dari Brand dan Branding itu sendiri berbeda. Seperti yang telah kita bahas diatas, Brand berati merek. Sedangkan branding adalah salah satu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk membangun serta membesarkan sebuah brand ataupun merek.
Branding |
Umumnya, banyak yang mengiri bahwa brand dan branding itu sama, namun nyatanya tidak demikian. Tapi, kalau dilihat-lihat kedua kata diatas memiliki kaitan yang sangat erat. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak ulasan berikut ini.
#Pengertian Branding
Branding merupakan upaya komunikasi yang dibuat sedemikian rupa dan telah direncanakan oleh suatu perusahaan, dengan tujuan untuk membuat sebuah merek "produk" lebih terkenal. Namun, menurut salah satu ahli dibidang ekonomi, Branding itu bukanlah sebuah merek maupun nama dagang dari sebuah produk maupun jasa. Melainkan juga mencakupi semua aspek dari suatu merek seperti : nama dangan, logo, ciri visual, karakter, kredibilitas, serta persepsi dan anggapan yang ada dibenak konsumen perusahaan tersebut.
Beda lagi menurut Wikipedia, Menurut Wikipedia Branding adalah proses penciptaan dan peninggalan jejak tertentu dibenak konsumen melalui berbagai cara yang dapat memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.
Baca Juga : Apa Itu BitCoin dan Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis
Nah itulah sedikit penjelasan tentang branding. Namun, kalau pembahasannya ini saja, saya kira tidak lengkap. Maka dari itu, kita akan lanjut lagi dengan pembahasan dengan Tujuan Branding serta jenis-jenis branding.
#Tujuan Branding
Salah satu tujuan branding adalah untuk menanamkan suatu pencitraan kepada masyarakat bahkan kepada para konsumen bahwa sebuah perusahaan tersebut memiliki suatu produk yang mereka jual. Sehingga dengan adanya merek dagang diharapkan mereka akan selalu diingat oleh masyarakat ataupun konsumennya dengan jangka waktu yang lama.
Dalam membangun suatu Brand terdapat juga tiga tujuan, yaitu : Membentuk Persepsi, Membangun Kepercayaan, serta Membangun Cinta terhadap brand tersebut. Selain itu, ada beberapa poin utama yang menjadi fungsi branding tersebut, berikut adalah fungsi branding terhadap suatu produk.
- Menjadi Pembeda
- Menjadi Daya Tarik Tersendiri
- Membangun Citra
- Membangun Keyakinan
- Jaminan Kualitas serta
- Sebagai Pengendali Pasar
Nah, itulah salah satu tujuan dan fungsin dari suatu branding. Sebenarnya, masih banyak lagi yang bisa dijelaskanm namun diatas adalah beberapa inti utama dari tujuan branding tersebut.
Baca Juga : Apa Itu Forex dan Bagaimana Cara Trading Forex Untuk Pemula
#Jenis-Jenis Branding
Branding juga mempunyai beberapa jenis, yang pastinya berbeda namun berkaitan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentang jenis-jenis branding tersebut berikut ini.
1. Product Branding
Produk branding ataupun suatu merek adalah salah satu hal yang paling umum dalam branding. Product Branding adalah produk yang mampu mendorong konsumen untuk dapat memilih produk yang kita tawarkan dibandingkan dengan produk pesaing kita.
2. Personal Branding
Personal Branding Merupakan suatu alat pemasaran yang sangat populer dikalangan publik figure seperti musisi, selebritis, maupun politisi. Sehingga produk ataupun merek yang mereka tawarkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.
3. Corporate Branding
Corportare branding sangat penting sekali dalam suatu bisnis, karena dapat membangun dan mengembangkan reputasi suatu perusahaan, mulai dari produk ataupun layanan yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka bagi masyarakat.
4. Geographic Branding
Geographic branding ini untuk memunculkan suatu gambaran daru suatu produk ataupun layanan yang ditawarkan terhadap suatu lokasi, ataupun lokasi lokal.
5. Cultural Branding
Jenis branding ini bertujuan untuk mengembangkan ruputasi suatu lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu ataupun kebangsaan.
#Pengertian Rebrending
Rebrending merupakan gabungan dari kata "re" yang artinya kembali dan "branding" yang mempunyai arti sebagai proses penciptaan suatu merek yang menghubungkan antara perusahaan dan pelanggannya. Jadi yang dimaksud Rebranding adalah upaya ataupu usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan maupun lembaga untuk mengubah keseluruhan ataupun memperbaharui suatu brand "merek" yang telah ada menjadi lebih baik dan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan tersebut.
Rebranding ini identik sekali dengan perubahan Logo maupun lambang dari sebuah merek. Dengan kata lain, dengan melakukan rebranding, maka yang berubah adalah nilai dari suatu merek itu sendiri.
#Pengertian Brand Consultan
Brand Consultan adalah Layanan ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk membangun dan mengembangkan suatu merek dari suatu branding yang dimiliki perusahaan lain. Biasany, dalan brand consultan ini yang terjadi adalah menemukan ide baru untuk menciptakan sebuah brand dari suatu perusahaan, ataupu proses konsultasi terhadap brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dan mudak dikenal oleh masyarakat banyak.
Nah, itulah sedikit penjelasan tentang Branding, Rebranding, Brand Consultan dan Tujuan sert jenis-jenis branding tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambahkan wawasan kita semuanya dalam mempelajari ilmu bisnis ataupun marketing. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan dikolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain juga bisa memahai dari istilah branding tersebut. ☺
Comments
Post a Comment